Wednesday, April 11, 2012

Cara Cepat Import Koordinat Ke Surpac 6.2

Oke blogger’s mania,  sebelumnya Salam Orang Tambang ……. !

Seperti judul postingan diatas  Cara Cepat Import Koordinat Ke Surpac 6.2, nah… kali ini Orang Tambang akan melanjutkan kembali berbagi catatannya. Sebelumnya orang tambang sudah berbagi catatannya yang lain tentang cara mengimport data ke Surpac misalnya Cara Mengimport Data Excel Ke Surpac 6.2 kemudian Cara Mengimport Data Txt Ke Surpac 6.2 yang dimana proses/tahapannya berbeda antara yang satu dan lainnya akan tetapi mempunyai tujuan yang sama yaitu sumber data bisa dimport kedalam software Surpac kemudian dapat diproses sesuai dengan kebutuhan pengguna/user. Oke langsung saja ke inti postingan/artikelnya.

Langkah awal dimulai dengan aktifkan Program Surpac kemudian set folder kerja anda, folder kerja ini tentu didalamnya sudah terdapat file koordinat dalam format excel berekstensi *.csv (Comma Delimited)

Gambar 01
Sebagai contoh, disini penulis menggunakan file Collar yang sudah dimodifikasi dengan mengambil koordinatnya saja dan menambahkan kolom No dengan nilai 2 dan 4 (perhatikan pada gambar 02) yang tujuannya membedakan posisi koordinat dengan warna ketika nantinya file string terbentuk.

Gambar 02

Selanjutnya simpan file tersebut dengan cara pilih Save As kemudian simpan nama file terserah, disini penulis simpan dengan nama topo. Jadi penulisannya dmulai dengan tanda petik dua (“) nama file titik str tutup tanda petik selesai. Hasil penulisannya seperti ini “topo.str” perhatikan (gambar dibawah ini)
Gambar 03
Setelah selesai perhatikan pada folder kerja muncul file baru kemudian drag kedalam layer, dan indentifikasi posisi koordinatnya. Perhatikan file string yang tebentuk ada dua warna menandakan posisi koordinat yang berbeda pula. Metode banyak sekali dipergunakan oleh surveyor misalnya untuk kegiatan pengukuran topografi, jalan tambang dll. Ada juga metode lain baca Cara Mengimport Data Txt Ke Surpac 6.2 biasanya data hasil pengukuran secara default masih dalam bentuk format text, ketika file tersebut mau dipindahkan/diconvert bisa juga menggunakan metode ini tanpa harus memindahkan/diimport lagi ke Excel, tergantung dari kebutuhan pengguna/user

Gambar 04
Sekian dulu postingannya nanti dilanjutkan kembali, mohon maaf kalau ada kesalahan penulisan kata dan lain sebagainya !  bagi para agan-agan, syifu, master, praktisi software yang kebetulan membaca posting ini kemudian ingin memberi saran,dan komentarnya dipersilahkan di kotak komentar dengan senang hati akan direplay kembali oleh Orang Tambang . Salam sukses slalu.

INFORMASI :
Terima Kasih atas waktu anda yang berkenan membaca isi postingan ini dan apabila posting/artikel ini bermanfaat bagi anda Orang Tambang Sarankan Klik Like Facebook, Google + and Gabung langsung di blog Catatan Orang Tambang

0 comments:

Post a Comment

Untuk Mendukung Blog Orang Tambang Jangan Lupa Klik Like Facebook dan Google +
Silahkan Masukan Saran dan Komentar Terbaik Anda ! No Spam

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites